Widget HTML Atas

Jika ikan lele sudah terlajur menggantung lakukan tips berikut ini untuk mengatasinya

Tentang perubahan pada media air yang sudah membusuk karena pencemaran amoniak yang berakibat pada lele yang menggantung atau istilahnya pada hormat maka perlakuan yang bisa segera untuk mengatasinya adalah buang air dasar sebanyak 40 %. Maka dari itu selalu diusahakan agar dibagian bawah kolam selalu di berikan kran untuk pembuangan air kolam. Nah setelah itu tambahakan kembali air bersih sebanyak air yang telah dibuang. Jangan lupa gunakan probiotik yang mengandung nitrobacteria agar amoniak bisa terurai.


Pakan sementara distop dulu sampai kondis ikan normal kembali. Ouasakan ikan selama kurang lebih 2 hari. Masalah ini sering muncul diusia ikan diatas 30 hari yang mana bahan organik yang mulai tinggi dalam air kolam. Keadaan air sudah mulai asam, berbusa dan berbau seperti telur busuk.

Jangan terlalu cepat memberikan antibiotik saja karena ikan mengantung itu bukan disebabkan oleh serangan bakteri melainkan media hidup yang sudah tidak bagus lagi. Maka dari itu pemberian antibiotik tidak akan menyelesaikan masalah.

Jika kalian kesulitan mencari bakteri2 yang bisa kalian gunakan untuk mengurai amoniak maka berkunjunglah ke petani2 lele yang lainya yang kolamnya sudah baik dari segi budidaya dana ambil airnya beberapa botol kemudian kalian fermentasi sendiri dengan tambahan air kelapa dan gula merah selama seminggu.

Dengan begini kita tidak perlu repot lagi membeli probiotik dipasaran untuk menjaga media air tetap baik.
Gunakan saja bakteri 2 yang ada dikolam budidaya milik orang yang kualitas airnya sudah bagus. Pilih kolam yang masih berwarna hijau. Yang berwarna merah atau pink bakterinya juga bisa kita ternakkan.
Baca Juga : Kesalahan pemula peternak ikan lele yang boros dalam pakan