Skip to main content

Petani lele yang selalu berkutet dengan pakan protein tinggi

Coba sekarang kita uraikan satu persatu. Yang namanya ikan hidup itu pastibhutuh energi. Nah kalau tumbuh dan berkembang itu butuh yang namanya protein. Yang jadi tanya besar adalah lele itu butuh hidup atau berkembang dulu sih.. Jelas jawabanya butuh hidup. Dan hidup membutuhkan energi.

Dan energi itu bisa dipasok oleh karbohidrat, protein dan lemak. Fungsi karbohidrat adalah sebagai sumber energi utama ikan lele. Ndak percaya coba deh bedah perut lele yg sudah dewasa yang ada dialam liar yang ada di irigasi. Pas dibedah isalinya adalah beras dan nasi sisa 2 dari cuci piring. Itu artinya mereka juga butuh karbohidrat.

Nah selain itu karbohidrat itubharganya sangat murah jika kita bandingkan dengan energi yang dihasilka  dari protein terlebih lagi dari lemak. Semakin tinggi kadar protein suatu pakan maka harganya akan semakin mahal.

Sebagian karbohidrat dalam tubuh ikan lele akan di ubah menjadi glukosa dalam aliran darah dan akan dirubah menjadi kalori atau energi. Untuk hidup untuk keperluan gerak dan kelebihannya akan disimpan sebagai glikogen dalam jaringan otot kemudian akan dirubah kedalam lemak dan diubah kedalam jaringan lemak yang sewaktu2 bisa di rubah menjadi cadangan energi. Jika lele kekurangan karbohidrat maka lele akan mengambil sumber energi dari asupan protein yang dia makan.

Dan jadilah protein yang awalnya sebagai pertumbuhan akhirnya diambil alih dan digunakan sebagai sumber energi. Maka dari itu banyak lele yang kuntet karena kekurangan protein.
Akan tetapi ndak usah khawatir formulator pelet ikan lele sudah menghitung kadar karbohidreat dan protein yang pas buat ikan lele.

Tulisan ini saya khususkan untuk mereka yang membuat pakan lele sendiri. Yang awalnya ingin untung tapi malah rugi karena ukuran badan lelee jadi tidak menarik lagi untuk dijual dipasaran.
Dan yang perlu diketahui yang serap ikan lele itu bukanlah protein tapi pecahan dari protein yang berupa asam amino baik yang esensial amupun yang non esensial.

Dan yang bertugas memecah protein menjadi asam amino adalah enzim tripsin atau bakteri2 pemecah protein. Saya sering membuat asam amino cair dengan bakteri2 jenis ini.