Skip to main content

Cara pembuatan kompos untuk pakan ikan lele

Barikut ini cara pembuatan pakan kompos untuk pakan ikan. Bahan yang kalian perlukan adalah
  1. Pupuk kandang dari kotoran sapi sebanyak 1 pick up
  2. Ampas tahu sebanyak 2 karung
  3. Bekatul sebanyak 50 kg
  4. Samoah sayuran atau sampah sisa nasi sebanyak 50 kg
  5. Tepung ikan sebanyak 1 ember
  6. Tetes tebu sebanyak 8 liter
  7. Bakteri pengurai dari ternak sendiri sebanyak 1 liter
  8. Gula merah sebanyak 2 kg
  9. Jus buah dari sisa buah sebanyak 5 liter
  10. Air sumur sebanyak 10 liter




Ingat gunakan bahan bahan yang dari limbah saja kalo ada. Kalo tidak ada bisa membeli usahakan pakai harga yang paling murah. Langkah fermentasinya sebagai berikut ini
  1. Bersihkan pupuk kandang dari berbagai rumput dan jerami serta ranting2 supaya tidaka menghalangi saat pengadukan. Taburkan semua bahan yang saya sebutkan diatas tadi aduk jadi satu lalu kemudian semprot dengan bakteri pengurai yang teelah di campur dengan tetes tebu dan gula.
  2. Aduk sampai merta mengunakan cangkul dan usahakan semuanya tercampur dengan merata dan homogen usahakan tidak ada gumpalan.
  3. Kemudian buat gundukan dan tutup dengan terpal selama 3 hari.usahakan pilih kondisi di bawah oohon atau ditempat2 yang tidak terkena sinar matahari.
  4. Langkah selanjutnya pada hari keempat bongkar lagi tumpukan dan aduk2 kembali supaya panas yang dihasilkan keluar lalu tutup lagi selama 3 hari.
  5. Nah setelah satu minggu kita buka terpalnya dan kita bongkar tumpukan tersebut sambil didiamkan saja atau kita angin anginkan selama 2 hari.
  6. Usahakan sampai bau amoniaknya hilang yang ada hanya bau khas seperti tape. Jika baunya sudah seperti yang saya sebutka  diatas maka proses fermentasi sudah jadi.
  7. Nah bisa kita taruh wadah seperti.karing yang ada lubangnya. Contoh sperti karung wadah bawang import atau jika tidak ada kita bisa mengunakan karung biasa yang kita beri lubanag disamping2nya.
  8. Gantunglah beberapa karung di penggir kolam usahakan jangan sampai tenggelam semuanya. Hanya spertiga saja yang terendam air.

Untuk memancing ikan supaya mendekat ke karung kompos maka bisa kita taburkan sedikit pelet disana lambat laun isi karung akan habis dimakan oleh ikan lele. Jika sudah habis maka boleh kita tambahkan kembali. Pemberian pelet lele tetep diberika  namun jumkahnya bisa kita kurangi.
Didalam kompos yang kita buat akan banyak.sekali bermunculan belatung dan ini bisa menjadi pakan alterntif ikan lele.