Widget HTML Atas

cara menghilangkan bau kolam ikan lele dengan EM4 perikanan

Probiotik yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan bau busuk air kolam lele dalam hitungan beberapa jam saja. 
Pernahkah kalian mandi di sungai yang airnya mengalir dan melihat ikannya kondisi dalam sehat-sehat tanpa perlu dikasih makan kenapa bisa seperti itu.

Akan tetapi jika di kolam ikan akan menimbulkan bau yang sangat busuk bau amis dan kondisi ikan akan mengalami sakit dan hampir tiap hari bisa kita temukan kematian pada ikan.

sebetulnya gampang saja mengatasi bau yang busuk di dalam kolam itu dengan cara menambah berbagai probiotik seperti microbacterial, nitrobacter dan nitrosomonas dan bacillus subtilis yang bisa kita gunakan untuk membuat ekosistem yang ada di kolam sama seperti ekosistem yang ada di aliran sungai.

jadi sebaiknya kuasai kualitas air nya terlebih dahulu baru kalian bisa memelihara ikan lele.

kuasai ilmu nya terlebih dahulu kuasai air dengan sumber oksigen yang bagus untuk ikan lele jika kondisi tempat tinggal ikan lele sudah bagus maka lele akan bertumbuh dengan sangat baik akan tetapi juga airnya bermasalah maka ikan lele akan mati.

probiotik tersebut adalah terbuat dari pupuk kascing atau pupuk bekas media cacing.

Kalian bisa memperoleh pupuk kascing ini di peternak yang membudidayakan cacing lumbricus rubellus. 

minta saja medianya sebanyak 1 sampai 2 kilo biasanya para peternak cacing ini menggratiskan pupuk kascing jika jumlahnya hanya sedikit saja.

jika sudah mendapatkannya bisa kita bawa pulang dan bisa kita tambahkan air sumur sebanyak 10 liter lalu masukkan kascing sebanyak 1 kg tadi ke dalam air aduk sampai rata.

Endapkan sampai castingnya turun ke bawah dan kemudian kita ambil airnya saja. Kemudian bisa kita tambah dengan gula merah sebanyak 500 gram.

aduk sampai rata dan kita tutup dan fermentasi selama satu minggu setelah 1 minggu maka bisa langsung kita aplikasikan ke dalam kolam ikan lele.

cara pengaplikasiannya adalah dengan mengambil 500 cc atau 1 gelas ditambah dengan satu ember air kita aduk kemudian kita masukkan ke dalam kolam.

jika dalam beberapa jam atau kolam tetap ada bau maka jumlah air dalam kolam bisa kita kurangi separuh lalu kita tambahkan air baru sebanyak separuh lagi baru kita berikan probiotik ke dalam kolam. 
Baca Juga : ikan nila menjadi lebih besar dengan aplikasi EM4 perikanan