Widget HTML Atas

Jenis kacang-kacangan untuk pakan kelinci

sebetulnya pakan kelinci itu tidak boleh berebut dengan pakan manusia artinya gini,  jika manusia makan beras maka kelinci hanya makan bekatul nya saja atau sampingan dari proses perubahan padi menjadi beras.

nah kemudian ketika manusia makan gandum kelinci hanya makan yang berupa tepung kulit gandum atau polar.

ketika manusia makan jagung dan segala yang dibutuhkan dari tepung jagung maka kelinci hanya boleh makan dari sisa limbahnya saja yaitu daun jagung tongkol jagung dan lain sebagainya.

kalau manusia makan kedelai, makan tempe, makan tahu yang terbuat dari kedelai maka kelinci boleh memakan sisa yang berupa ampas tahu atau limbah kedelai dari pembuatan kecap.

Jadi jangan sampai pakan ternak itu bersaing dengan makanan manusia.

Itu adalah prinsip dalam dunia peternakan.


jadi jika terpaksa kelinci harus makan biji-bijian seperti biji kedelai atau jagung atau biji-bijian lainnya maka tentu ini akan merugikan yang pertama bagi manusianya yang kedua adalah merugikan kita sebagai peternak karena bahan baku pangan tersebut sangat mahal harganya.

boleh atau tidak yang diberikan kepada kelinci tentu jawabannya adalah boleh, dimakan manusia saja aman maka tentu dimakan kelinci juga aman akan tetapi ada beberapa biji-bijian yang tidak boleh dimakan oleh kelinci contohnya seperti biji kapas atau biji kapuk dan biji-bijian beracun lainnya.

kita dilarang untuk memberikannya secara mentah itulah alasan kenapa dalam pembuatan tempe dan tahu kedelai harus dihilangkan zat anti nutrisinya dengan cara direbus.

jika diberikan dalam posisi yang masih mentah tentu kandungan zat anti nutrisi akan masuk ke pencernaan kelinci dan membuat pencernaan yang tidak nyaman.

daripada kita memberikan kedelai untuk pakan kelinci lebih baik kita memberikan ampas tahu yang mana ampas tahu tersebut kandungan proteinnya juga masih tinggi kandungan lemaknya juga tinggi selain itu kita bisa memberikan limbah pertanian dari tanaman kedelai seperti batang dan daun serta kulitnya yang bisa kita hancurkan kemudian kita campur dengan bahan-bahan lain kemudian kita buat pelet atau konsentrat untuk pakan kelinci.

Untuk jagung karena sumber karbohidrat yang paling bagus untuk pakan ternak adalah dari jagung jika jagung di daerah sini tidak digunakan untuk kebutuhan pokok manusia atau tidak digunakan sebagai makanan utama masyarakat di sini maka boleh jagung kita gunakan sebagai pakan ternak.

Intinya adalah jika kita lihat dulu pangan yang digunakan kebanyakan masyarakat di sini berbahan baku apa jika tidak digunakan sebagai makanan utama masyarakat di sekitar maka boleh kita gunakan sebagai pakan ternak salah satu contoh nyata adalah jagung.



Baca Juga : Bolehkah Kelinci Makan Roti