Widget HTML Atas

Makanan untuk kelinci umur 2 bulan

Kelinci ketika umur 0 sampai 2 bulan makanannya adalah air susu indukannya.
jika kelinci itu masih meminum air susu indukannya dia akan dalam kondisi yang tetap sehat walaupun dia makan berbagai jerami kering atau sedikit pelet.

nah yang jadi masalah itu ketika dia sudah tidak meminum air susu indukannya maka disini mulai terjadi masalah-masalah yang menyerang pencernaan kelinci yang masih berumur 2 bulan.

dalam kandungan air susu induk kelinci itu terdapat kandungan antimikroba juga terdapat kandungan kolostrum yang ini sangat bagus sekali untuk kesehatan pencernaan kelinci yang masih dalam umur lepas sapih.

jika sudah tidak minum itu lagi atau tidak minum air susu induknya, otomatis kelinci akan mulai menyesuaikan dengan pakan pakan indukan nya jadi apa yang makan, dengan apa yang kita berikan kepada indukan maka dia juga akan memakan.

yang paling penting adalah kita batasi jumlahnya jangan sampai kelinci lepas sapi itu memakan makanan yang terlalu banyak atau overfeeding.

Baca Juga : Tips Merawat Kelinci Di Halaman Belakang Rumah


kelinci yang berumur 2 bulan itu lebih sehat jika dia hanya makan sedikit saja daripada di harus makan banyak, kenapa?

karena proses pencernaannya belum sempurna sehingga jika dia terlalu banyak makan, maka yang terjadi adalah gangguan pada pencernaan dan pada akhirnya akan mengalami kematian.

jadi sebaiknya kita hanya memberikan makanan kelinci yang berumur lepas sapih dengan makanan yang sedikit saja sampai dia sudah bisa beradaptasi dan pencernaannya sudah bisa normal kembali.

ingat yang kita perlukan adalah membatasi jumlah makanannya dan jika kita berikan hijauan jangan lupa untuk melayukanya terlebih dahulu.

sebaiknya jangan memberikan hijau segar, lebih baik kita memberikan hai atau rumput kering kondisi kering lebih aman untuk pencernaan kelinci yang masih berumur dibawah 2 bulan atau masa lepas sapih mungkin setelah itu kita bisa memberikannya dia pelet tapi dengan jumlah porsi yang sedikit.

mungkin itu saja makanan yang boleh kita berikan kepada kelinci pada dasarnya semua hijauan itu sangat baik untuk kelinci yang berumur dibawah 2 bulan tapi kondisinya harus kita keringkan saja kering lebih bagus daripada hanya sekedar layu atau bahkan segar.

jika pencernaannya kita sudah yakin Bagus boleh kita berikan tambahan pelet.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan semoga artikel postingan ini bermanfaat bagi kalian.

Salam kuping panjang..

salam sukses untuk peternak kelinci dan pecinta kelinci di seluruh nusantara dari Sabang sampai Merauke


Baca Juga : Jenis Makan Kelinci Yang Rendah Kalsium