Skip to main content

Memproduksi pelet kelinci sendiri dari bahan khusus pelet kelinci


Kelinci termasuk dalam keluarga yang disebut Lagomorphs. Karena sistem pencernaan mereka yang unik, kelinci membutuhkan diet yang tinggi serat, rendah protein. Kebutuhan nutrisi dasar kelinci adalah karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, mineral dan air, sehingga inti dari diet kelinci yang baik terdiri dari pelet, rumput segar, air, dan sayuran segar. seperti buah-buahan atau makanan selingan kelinci dapat diberikan tetapi harus diberikan dalam jumlah kecil. ini Sangat penting karena untuk kesehatan dan umur panjang kelinci.
Pakan pelet kelinci



Pelet kelinci adalah makanan yang diproduksi oleh pabrik pelet pakan dan mereka menyediakan rangkaian vitamin dan mineral yang baik untuk kelinci. Rata-rata, kelinci memakan sekitar 1 ons pelet per pon berat badan. Pelet kelinci telah lama dianggap sebagai dasar diet kelinci. Tetapi pelet sebenarnya lebih penting dalam tahap perkembangan kelinci yang lebih muda daripada kelinci dewasa. Itu karena mereka sangat terkonsentrasi pada nutrisi, membantu memastikan penambahan berat badan yang tepat pada kelinci yang lebih muda. Ketika kelinci mencapai dewasa, bagaimanapun, porsi pelet harus  lebih sedikit dari porsi sebelumnya dan dapat diganti dengan jumlah yang lebih tinggi dari rumput dan sayuran. terlalu over pelet pada kelinci dewasa dapat menyebabkan obesitas, serta kondisi ganguan kesehatan  lainnya.

Kebutuhan nutrisi kelinci berubah sepanjang hidup! Kebutuhan nutrisi anakan kelinci jauh berbeda dari ketika mereka mencapai dewasa. Makanan untuk kelinci harus menyesuaikan dengan kebutuhan gizi yang berubah dari kelinci di tahap kehidupan mereka yang berbeda.

Jika Anda berencana memproduksi untuk membuat pelet kelinci, berikut adalah informasi dasar untuk membuat pelet kelinci semoga bisa membantu temen2 semuanya..

Gandum, jagung, sorgum, dedak dan pollard, rumput kering dan rumput, makanan protein nabati, minyak nabati atau hewani, kolin klorin, lisin, metionin, vitamin C,  dan mineral premix. Tentu saja, bahan baku dasar secara bertahap dapat berubah secara musiman tegantung kondisi cuaca diindonesia.

mesin pelet kelinci, mesin pelet kelinci komplit dengan pengeraknya biasanya dikisaran harga 10 jutaan.

Formulasi dasar pembuatan pelet kelinci 
Persyaratan gizi kelinci minimum untuk  pemeliharaan adalah 14% serat kasar, 3% lemak, dan protein kasar 12%. Pastikan bahwa pakan yang akan Anda hasilkan paling tidak memenuhi atau lebih baik lagi, melebihi jumlah minimum serat di atas, tetapi jaga protein dan tingkat lemak tetap rendah. 
Tingkat serat 15% hingga 17% sudah memadai. Tingkat yang lebih tinggi dari 17% memperlambat peningkatan berat badan yang diinginkan pada kelinci peliharaan dan tingkat serat 22,5% dan lebih tinggi digunakan untuk mengurangi obesitas dan hairballs.

Kadar protein harus 15% hingga 19%. Pastikan tingkat serat lebih tinggi dari tingkat protein. Protein yang terlalu tinggi dalam diet menciptakan jumlah amonia yang lebih besar dalam urin. Akan lebih baik untuk menjaga protein lebih dekat ke 15%.
Tingkat prosentase lemak harus rendah, sekitar 3% atau dibawah 5%. Semakin tinggi kandungan lemak pelet, semakin buruk bagi kelinci Anda, karena dapat menyebabkan obesitas. Hindari pelet dengan banyak kacang, biji, dll. Di dalamnya  tidak baik untuk diberi makan karena kandungan lemak yang tinggi. 

nah jika kita sudah tau berapa prosentasenya maka jangan tunda lagi untuk segera mencetak dan memproduksi pakan pelt kelinci sendiri... selamat berkreasi oiya untuk rumus formulasi pakannya ada di postingan sebelumnya.

Sumber : pemasaran ternak kelinci
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar