Skip to main content

Bolehkah kelinci makan ranting dan cabang pohon

bolehkah kelinci makan ranting dan cabang pohon-selama kelinci hidup maka gigi mereka akan terus mengalami pertumbuhan menjadi panjang, pertambahan panjang gigi kelinci sekitar 2 mm perminggunya. walaupun pak kelinci sudah ditambah dengan pelet, rumput dan hay kering, hal ini tidak akan cukup untuk menjaga gigi kelinci menjadi pendek, maka sangat disarankan memberikan ranting dan cabang pohon untuk menjaga agar ukuran gigi mereka tetap stabil, ranting pohon juga banyak akan kandungan serat yang amna akan memperlancar saluran pencernaan kelinci, ada juga sebagian daun yang mengandung tanin, nah tanin ini sangat bagus untuk mencegah penyakit pencernaan seperti cocodiosis.


gambar Bolehkah kelinci makan ranting dan cabang pohon

akan tetapi jangan asal ranting pohon yang di berikan kekelinci, kita harus memeriksa dulu apakah ranting pohon tersebut berbahaya atau tidak untuk kesehatan kelinci, karena ada sebagian ranting dan batang tanaman yang memiliki efek racun. tidak hanya itu saja kita juga harus menghindrai ranting pohon yang bebas polusi dari jalannya kendaraan, maka dari itu dianjurkan untuk tidak mengambil ranting pohon dari pinggir jalan raya. potong cabang dan ranting tanaman tersebut kemudian masukkan kedalam kandang kelinci. hal ini tidak harus dilakukan setiap hari hanya sebagai selingan saja. pohon kelor bisa diberikan ke kelinci, selan itu bisa pakai indogoferaa dangan ingat jangan pakai batang dan daun lomtoro, petai cina dan sejenisnya karena kandungan mimosin yang berbahaya bagi kandungan janin kelinci. juga akan merusak bulu bulu kelinci.

pohon dari jenis semak2 biasanya aman untuk kelinci. jangan memberikan ranting pohon yang buahnya berbiji seperti pohon cerry pohon buah persik dll karena ini beracun bagi kelinci.

oke itu aja dulu banyak sekali ranting pohon yang bisa dimakan kelinci. dan yang perlu kalian tahu ketika musim salju dieropa kelinci-kelinci liar disana juga akan makan dari ranting dan cabang pohon karena semua rumput tertutup oleh salju.

baca juga berbagai penyebab kelinci mengalami stress