Widget HTML Atas

Cara mencegah kerontokan bunga tanaman rambutan pada musim kemarau

Menanam rambutan dipekarangan rumah yang paling ditunggu2 adalah bisa memanen buahnya. Musim berbunga dan buah sangat di tunggu sekali agar bisa memanen rambutan dari pekarangan rumah sendiri. Namun karena banyaknya bunga yang rontok menjadikan bunganya sedikit yang menjadi bakal buah.
Jika saja masalah rontok pada bunga rambutan bisa dikurangi maka kita akan memanen buah rambutan dalam jumlah yang banyak dan bisa di bagi2kan tetangga sekitaran rumah.

gambar Cara mencegah kerontokan bunga tanaman rambutan pada musim kemarau
*sumber : id.wikipedia.com

Tapi tenang saja berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba agar bunga rambutan tidak mudah rontok.
Penangulangan yang pertama adalah penyiraman dan menjaga kelembapan disekitaran pohon rambutan. Pasokan air dimusim kemarau akan selalu menjaga kelembapan. Jika panas terik ditambah kelembapan yang rendah maka ini akan mempengaruhi proses fotosintesis yang mana akan menyebabkan proses pembuahan karena bunga yang layu dan gagal terbentuk buah.

Jika pohon rambutan berukuran besar maka proses penyiraman bisa mengunakan pompa air dengan mengambil air dari sumur atau aliran irigasi. Usahakan air tergenang selama kurang lebih setengah jam sampai.sekitaran perakaran pohon rambutan semua menjadi lembab dan basah ya.. tergenang sebenyar tidak masalah karena vuaca kemarau air yang tergenang akan dengan mudah masuk kedalam tanah.

Nah dari pengalaman ini akhirnya rambutan kami berbuah dengan lebatnya. Sampai sampai hasil panennya bisa kami bagikan ke tetangga sekitar. Dan pohon rambutan di tetanggapun tidak berbuah sama sekali ya karena memang kondisi tanahnya sudah kering kerontang dan berdebu sekali.

Oke selamat mencoba kawan jika sampai sekarang rambautan belum nerbuab juga maka bisa kalian lakukan pemangkasan dan pemupukan  dengan pupuk kalium dan pospor supaya segera terjadi pembuahan.
Baca Juga : membuat mol dari air cucian beras sangat bagus untuk tanaman