Skip to main content

Cara mencegah kegagalan dalam mencangkok batang tanaman

Saya sudah sering kali mengalami kegagalan dalam proses mencangkok. Sebagai penjual bibit tanaman buah tentu jika terjadi gagal dalam proses mencangkok maka target penjualan kita akan berkurang dan tidak sesuai dengan yang sudah direncanakan. Apalagi jika itu sebuah pesanan dalam jumlah yang banyak.

Berikut ini beberapa tips agar tidak gagal dalam proses mencangkok dan segera bisa tumbuh akar.
Pilih batang yang sudah tua dan bekambium jangan gunakan batang yang masih muda. Untuk sebagian tanaman bisa juga mengunakan batang yang masih muda misalnya batang jambu air. Saya biasa mencangkok batang yang masih muda supaya muncul akar, baru saya pindahkan ke media tanam seperti polibag yang diisi dengan tanah plus kompos.


Kembali lagi ke tips selanjutnya setelah dilakukan pengeratan pada batang tanaman maka lakukan pengerokan secara merata dan diamkan selama 3 hari baru kita bungkus dengan media tanam. Nah saya menambahkan beberapa zat perangsang akar pada tempat yang nantinya akan tumbuh akar.
Bisa pakai rootmost atau rootup atau yang lainnya. Serta beberapa vitamin b1 gunanya adalah agar akar bisa segera keluar.

Yang terakhir kuncinya adalah di media untuk mencangkok. Ketika saya menggunakan media cangkok berupa tanah maka kebanyakan  gagal karena terlalu padat dan akar sulit berkembang dimedia tanah yang padat.

Jadi usahakan gunakan media tanah yang gembur. Kunci saya adalah mengunakan media pengganti tanah seperti menggunakan campuran antara cocopiet dan kompos yang sudah matang.


Beli cocopiet dimana silahkan berkunjung saja ke toko bibit bunga atau bibit tabaman hias disana banyak sekali yang menjual harga kisaran 20 sampai 25 ribu. Kenapa saya lebih memeilih pakai cocopit karena sudah bisa dipastikan cangkokan menggunakan media cocopiet sangat jarang terjadi kegagalan semuanya pasti tumbuh akar. Karena didalam cocopiet banyak sekali kandungan unsur hara baik makro maupun mikro yang baik bagi perkembangan akar tanaman.

Jika ditempat temen2 kesulitan untuk mendapatkan cocopiet atau rootup maka bisa order dengan menghubungi admin di nomer wa berikut 082236895255.

Pengiriman dengan pos keseluruh wilayah indonesia.

Dengan mengunakan cocopiet maka kelembapan media akan selalu terjaga walaupun kita melakukan pencangkokan pada musim kemarau hasilnya akan tetap sama seperti saat musim hujan. Saya merasakan sekali manfaat mencangkok dengan media cocopiet ketika yang di cangkok batangnya berada diatas dan harus memanjat untuk menyirami agar kelembapannya terjaga. Tapi dengan cocopiet kelembapan terjaga lebih lama sehingga kita tidak akan sering2 menyirami media cangkok. Paling hanya butuh waktu 2 minggu sekali saja.

Penggunaannya pun sangat praktis karena tinggal kita masukkan kewadah plastik es batu lalu kita ikat kecang dan jangan lupa dilubangi kecil2 agar oksigen bisa masuk kedalam media.

Nah pada saat pemasanganya tinggal kita belah satu sisi lalu ditempelkan kebatang yang sudah siap untuk dicangkok sudah begitu saja langsung diikat dengan kencang pada bagian tengahnya agar tidak mudah lepas.