Skip to main content

Membuat probiotik untuk segala penyakit ternak ayam

Probiotik untuk segala penyakit ternak ayam- Saya ada resep yang akan membuat ayam kita menjadi sehat dan tidak mudah gampang sakit. Resep ini saya dapaatkan dari seseorang yang punya peternakan ayam di daerah malang jawa timur. Kondis ayam yang ada disana sehat2 dan jarang yang terkena sakit atau wabah penyakit. Ketika saya tanya beliau punya rahasia agar ayam yang dipeliharanya selalu sehat dan kondisi prima. Ya beliau menjawab hanya dengan mengandalkan probiotik buatan sendiri dan tanpa tambahan dari buatan pabrik.


Ketika saya tanya bagaimana cara membuat probiotiknya. Beliau menerangkan bahan utama probiotinya adalah cacing tanah..ternya setelah saya cari diinternet memang banyak sekali kandungan pritein di tubuh cacing. Selain tinggi akan protein cacing juga memiliki antimikroba yang bagus sehingga dia masih tetap bisa bertahan hidup dilingkungan yg kotor sekalipun.

Ini resep beliau yg di berikan kepada saya. Bahannya adalah
  1. Cacing lumbricus sebanyak 1 kg.
  2. Air kelapa muda sebanyak 2 liter
  3. Dan gula merah sebanyak 2 ons
  4. Bahan tambahan lainya bisa kalian tambahakan remmpah2 seperti jahe, kunyit, temulawak dll

Campuroan semua bahan dan fermentasi selama 2 minggu. Tidak perlu mengunakan starter peobiotik kerena sudah ada pada cacing. Oh iya uaahakan cacing dalam kondisi hancur. Kalian biaa menggunakan blender untuk menghaluskan cacing.

Jika sudah jadi pengaplikasiannya campurkan 1 tutup botol dengan 5 liter air minum ternak kita. Dosisnya boleh kita tambahkan jika memang kandisi cuaca yang extrime. Dengan begini maka ternak kita akan lebih sehat dan tahan banting terhadap serangan berbagai penyakit dari virus dan bakteri.
Semoga bermanfaat ya..